situs
keluarga
bahagia
INDONESIA


halaman depan
pra-nikah
pernikahan
kehamilan
persalinan
balita
kanak-kanak
remaja
dewasa
suami-istri
manula
kesehatan keluarga
resep & tip
masukkan kata kunci :


situs lain
produk Indonesia
kontak
langganan Bulletin
keluarga.Org ?

[revisi terakhir : 7/9 1999]

Sumber :

SUSU FORMULA


Sumber : Kompas (7/9 1999)

FORTIFIKASI

SUSU formula bayi yang difortifikasi dengan zat besi ternyata tidak meningkatkan pertumbuhan bayi, kendati dapat membantunya dari anemia. Hal ini dikemukakan oleh Dr Ruth Morley dari Universitas Melbourne di Australia pekan ini.

"Tidak ada keuntungan bagi pertumbuhan atau perkembangan anak-anak yang diberi susu formula yang bersuplemen zat besi," katanya.

Morley melaporkan hasil penelitian timnya dalam jurnal Archives of Disease in Childhood, yang meneliti 493 bayi sehat berusia sembilan bulan yang diberi minuman susu sapi biasa atau susu formula yang diperkaya selama sembilan bulan. Para peneliti yang menilai pertumbuhan dan perkembangan semua anak, tidak menemukan perbedaan antara kedua kelompok.

"Data kami tidak mendukung perlunya suplementasi bagi anak-anak berusia antara 9-18 bulan," kata Morley.

Dalam laporan terpisah di jurnal yang sama, para ilmuwan dari Universitas Newcastle di Tyne, Inggris, menyatakan bahwa tinggi orangtua tidak selalu menjadi indikator yang baik bakal seberapa tinggi anak-anak mereka kelak. Banyak orangtua beranggapan bahwa anak-anak mereka akan setinggi mereka, namun Dr Charlotte Wright dan koleganya justru berpendapat lain.

Penilaian mereka terhadap 400 anak menunjukkan bahwa memang anak-anak yang tinggi badan orangtua mereka berada di kisaran normal umumnya akan memiliki tinggi yang normal pula. Namun bagi orangtua yang ekstrem tinggi atau pendek, anak-anak mereka tidak selalu demikian. "Jika orangtua kelewat tinggi atau kelewat pendek, anak mereka relatif jadi kurang tinggi atau kurang pendek," kata mereka. (Reuters/ij)


Copyright © keluarga.Org
All Rights Reserved